4 Tips Jitu Mengoptimalkan Aplikasi Mac Preview

4 Tips Jitu Mengoptimalkan Aplikasi Mac Preview

4 Tips Jitu Mengoptimalkan Aplikasi Mac Preview – Seperti kita ketahui bahwa ikon tersebut adalah merupakan ikon dari aplikasi yang bersangkutan. Jika ingin mengetahui isinya, maka Anda tidak dapat melakukan cara lain kecuali dengan menjalankan aplikasi pembuatnya. Saat Anda ingin mencari sesuatu di dalam dokumen namun tidak tahu persis yang manakah dokumen tersebut, maka Anda harus membuka dokumen satu per satu sampai Anda menemukannya dan tentunya hal tersebut dapat terasa merepotkan. Pada OS X 10.1, tampilan ikon serta cara melihat isi dokumen mulai diubah oleh Apple dengan menampilkan ikon yang dapat menunjukkan preview isi dokumen dari aplikasi pembuatnya. Untuk dapat melihat isi dokumen tanpa perlu membuka aplikasi pembuatnya, Anda cukup melakukannya dengan menekan tombol space bar sehingga isi dokumen tersebut akan ditampilkan oleh OS X. Pada awalnya, dokumen yang isinya dapat dilihat hanya tersedia beberapa saja, namun untuk saat ini hampir semua dokumen dapat dilihat isinya. Bahkan pada beberapa jenis format video, Anda dapat melihat video beserta suaranya secara langsung dengan melakukan klik pada tombol segitiga yang ditampilkan tanpa perlu menjalankan aplikasi pemutar videonya terlebih dahulu.

Pada awal tahun 2000-an saat debutnya baru dimulai, tujuan Preview sebenarnya digunakan sebagai aplikasi yang dapat mengintip isi dokumen. Saat Anda menggunakan Preview, aplikasi pengolah foto yang rata-rata cukup berat juga tidak perlu dijalankan. Lain halnya dengan video yang memiliki banyak standar, foto atau gambar hanya mempunyai sedikit format standar seperti .jpg, .png, .eps, .tif, dan .psd. sehingga untuk menampilkan gambar atau foto dengan format tersebut, Apple menjadikan Preview sebagai bawaan untuk OS X-nya sehingga aplikasinya menjadi lebih ringan dan kecil.

Jika dulu yang dapat dilakukan hanya lah menampilkannya saja, saat ini Preview juga dapat digunakan untuk melakukan pengolahan seperti memutar orientasi foto atau mengolah warna. Bahkan Preview juga dapat digunakan sebagai aplikasi penampil slide dan untuk membaca buku serta majalah digital. Hal tersebut dikareakan Preview tidak hanya dapat digunakan untuk membuka file .pdf saja, namun juga dapat menampilkan gambar seperti pada halaman sebuah buku ataupun majalah. Nah, berikut ini ada 4 tips agar penggunaan Preview dapat lebih optimal:

1. Zoom in dan Zoom out 

Memperbesar dan memperkecil tampilan gambar menjadi fasiliitas utama dalam sebuah aplikasi pengolah gambar. Kombinasi keyboard dapat Anda lakukan dengan menggunakan Preview seperti ‘cmd +’ untuk memperbesar gambar atau ‘cmd -‘ untuk membuat gambar jadi kecil. Anda harus meng-Pinchnya dengan menggunakan dua jari pada trackpad, atau juga dapat dilakukan dengan melebarkan dua jari pada trackpad jika ingin memperbesar gambar tersebut atau dengan menciutkan dua jari pada trackpad saat akan memperkecil gambar. Anda dapat melihat bagian foto dengan menggeser-gesernya menggunakan dua jari.

2. Quick Crop

Untuk melakukan Quick Crop, Anda hanya perlu menggeserkan mouse dan menentukan area yang ingin dipotong. Untuk melakukan pemotongan, area pemotongan dapat Anda perbesar ataupun perkecil terlebih dahulu, kemudian geser lah objek yang akan dipotong ke area tersebut. Jika sudah cocok, tekan ‘cmd K’ untuk melakukan pemotongan atau ‘cmd Z’ untuk membatalkan pemotongan.

3. Mengubah Ukuran Gambar

Untuk mengubah ukuran gambar, klik pada menu Tools > Adjust Size. Selanjutnya, kotak dialog untuk mengubah ukuran gambar akan ditampilkan. Kemudian, masukkan lah angka yang diperlukan. Jika Anda akan mencetaknya, maka gunakan lah resolusi 300 dpi. Untuk mengubah ukuran, Anda dapat menggunakan satuan centimeter, pixel, inch, atau juga persentase. Gunakan tombol ‘cmd 0’ untuk melihat besarnya ukuran foto sehingga ukuran foto yang sebenarnya akan ditampilkan.

4. Mengedit warna
Untuk mengedit warna, klik pada menu Tools > Adjust Color. Kumpulan slider kemudian akan ditampilkan, Anda dapat melakukan perubahan pada saturation, exposure, serta berbagai macam pilihan lainnya agar foto menjadi lebih baik. Hasil foto nantinya memang tidak sebagus dengan aplikasi sejenisnya yang lebih kompleks seperti pada Adobe PhotoShop atau Lightroom, namun setidaknya foto yang agak gelap dapat Anda ubah menjadi lebih terang dengan warna yang lebih menarik.
Untuk menyimpan gambar, tekan tombol ‘cmd s’ atau klik pada menu File > Save. Namun sayangnya, fasilitas save as tidak Preview miliki sehingga foto lama akan ditimpa oleh foto hasil edit yang baru saat Anda menyimpan gambar hasil editan tersebut.
Bagi pengguna Mountain Lion, semua hal yang pernah dilakukan pada foto akan tetap dapat Anda tampilkan dengan cara klik pada menu File > Revert to. Kemudian, pilih versi yang ingin ditampilkan atau Anda dapat melihat semuanya dengan memilih Browse All Version sehingga semua versi hasil edit akan ditampilkan. Selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • find6 xyz jailbait
  • moćeni brinetka pissing cz
  • sowar nisaa jamilat

Related Post : 4 tips jitu mengoptimalkan aplikasi mac preview