4 Tips Menggunakan HP Android Yang Mungkin Belum Kamu Tau

4 Tips Menggunakan HP Android Yang Mungkin Belum Kamu Tau

4 Tips Menggunakan HP Android Yang Mungkin Belum Kamu Tau – Ada pula yang masih merasa kurang nyaman dengan Android. Untuk itu agar Anda makin mahir dan terbiasa menggunakan Android, Anda perlu menyimak beberapa tips menggunakan perangkat Android berikut ini.

1. Otomatis Update Aplikasi
Memasang aplikasi Android dari Google Play sudah menjadi hal yang wajib bagi kebanyakan pengguna Android. Setelah aplikasi-aplikasi tersebut terpasang pada Android Anda, maka akan sering melakukan pembaharuan (update) pada aplikasi tersebut.

Agar proses update bisa berjalan secara otomatis, Anda bisa mengaturnya dengan membuka Google Play dan tap pada ikon preferences atau soft button Menu agar halaman Setting terbuka. Setelah itu, tap item Auto-update apps yang ada di halaman Settings guna mengaktifkan secara default update otomatis.

Gunakan Update over WiFi only jika layanan internet yang Anda gunakan terbatas. Hilangkan tanda centang yang ada pada item Auto-add Widget agar setiap kali Anda memasang aplikasi baru, ikon menu aplikasi tersebut tidak ditampilkan di homescreen.

2. Hotkey Keyboard
Anda juga bisa memasang keyboard tambahan seperti SwiftKey. Namun, jika Anda suka berkutat dengan dunia hacking, sebaiknya Anda gunakan keyboard dengan tombol yang memiliki karakter khusus yaitu Hackers Keyboard. Untuk mengganti jenis keyboard dengan cepat, Anda tinggal tap dan tahan tombol Spacebar selama beberapa saat hingga muncul jendela yang berisi opsi keyboard lainnya yang bisa Anda gunakan.

Anda juga bisa menampilkan tombol dengan karakter khusus seperti @ % + / serta karakter lainnya dengan cara sekali tap. Tap dan tahan tombol . (titik) pada keyboard virtual Anda hingga jendela dengan daftar karakter khusus ditampilkan. Anda bisa langsung mengetik dengan pilihan karakter yang akan Anda tampilkan di bagian edit.

3. Sinkronisasi pada Chrome
Aktifkan sinkronisasinya jika Android Anda menggunakan Google Chrome. Caranya tambahkan akun Google Anda sebagai akun sinkronisasi browser Google Chrome Anda. Jika Anda menggunakannya di PC desktop, Anda bisa mengaktifkan sinkronisasi di menu Settings lalu pilih Sign in to Chrome.

Hal ini bertujuan untuk mensikronisasi secara otomatis setiap bookmark, history, serta password yang Anda simpan di Chrome. Dengan begitu, Setiap Anda membookmark sebuah situs di PC desktop melalui Chrome maka akan muncul juga secara otomatis pada Chrome Android Anda.

4. Sinkronisasi Folder dengan DropBox

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan dropbox di PC desktop, Anda juga bisa menerapkannya di Android. Namun, peran DropBox pada Android hanyalah menjadi sebuah client yang dapat mengakses apapun dalam penyimpanan cloud. Anda juga bisa memasang aplikasi tambahan bernama DropSpace jika ingin satu atau beberapa folder dalam Android bisa disinkronisasikan ke dalam DropBox. Pastikan Anda sudah memasang aplikasi DropBox di Android Anda agar bisa menggunakan aplikasi DropSpace.

Bila sudah terpasang baik aplikasi DropBox maupun DropSpace, maka langkah awalnya ialah memberi ijin pada DropSpace untuk bisa mengakses DropBox Anda. Anda tak perlu khawatir akan rahasia Anda karena DropSpace tidak akan melakukan penyimpanan akun Dropbox Anda.

Bila berhasil, maka akan muncul tampilan utama dimana Anda bisa menambahkan folder yang bisa langsung Anda sinkronisasikan dengan DropBox. Tap tombol Manage Sync List lalu tap item Directory. Setelah itu, tampilkan nama dari folder yang akan Anda sinkronisasi. Cara menambahkan folder tersebut ialah dengan men-tap dan menahan item folder beberapa saat, kemudian pilih Add this directory to sync list.

Pilih folder yang akan Anda jadikan sebagai tempat sinkronisasi di DropBox. Caranya tap dan tahan sejenak nama folder DropBox yang Anda pilih maka akan Anda akan diarahkan kembali ke daftar folder Anda.
Selanjutnya, masuk ke menu utama DropSpace dan tap tombol Sync Now untuk melakukan sinkronisasi antara folder local yang ada di Android Anda dengan DropBox.

Anda juga bisa melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan cara mengaktifkan DropSpace sebagai service. Caranya, centang item Run as Service dan tentukan interval waktu sesuai keinginan Anda dalam satuan jam. Aktifkan Sync only on WiFi untuk melakukan sinkronisasi hanya melalui jaringan WiFi jika layanan internet yang Anda gunakan terbatas.

Itulah beberapa tips dalam menggunakan ponsel android yang harus kamu coba. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat bagi para pembaca. Dan jangan lupa untuk membagikan link artikel ini ke teman-teman anda di sosmed agar mereka juga bisa merasakan manfaat dari tulisan ini.

Related Post : 4 tips menggunakan hp android yang mungkin belum kamu tau

11 trik WhatsApp yang mungkin belum kamu ketahui! | LemOOt
WhatsApp ternyata menyimpan banyak rahasia yang mungkin belum kita ketahui. Semenjak kemunculan centang biru tanda pesan telah terbaca, WhatsApp sekarang ternyata ...
Last update Thu, 23 Mar 2017 19:02:00 GMT Read More

15 Cara Pintar Menggunakan LINE - makemac.com
Supaya kontak tetap rapih, kamu bisa mematikan fitur Auto Add Friends melalui tab More > Settings > Friends > Contacts. Di sini juga kamu bisa mematikan fitur Allow ...
Last update Sun, 19 Mar 2017 22:41:00 GMT Read More

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan
Ketika kamu menggunakan Windows bajakan kamu seperti bermain petak umpet dengan Microsoft. Jika Microsoft menemukan kamu menggunakan Windows bajakan, ia akan terus ...
Last update Fri, 24 Mar 2017 12:34:00 GMT Read More

Alasan RAM 1GB di iPhone 6 Lebih Cepat dari RAM 3GB di Android
Mengapa RAM 1GB di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus lebih cepat cepat daripada smartphone Android yang telah mengusung RAM hingga 3GB? Temukan jawabannya di sini....
Last update Fri, 24 Mar 2017 18:03:00 GMT Read More